Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka pembelajaran akan dikembalikan ke dalam pendekatan mata pelajaran. Artinya dalam penyusunan jadwal akan menggunakan pembagian waktu per minggu menggunakan mata pelajaran. Tentu hal ini cukup memudahkan guru/pendidik dalam menyusun jadwal pelajaran yang berbeda dengan jadwal pelajaran Kurikulum 2013 yang mana untuk menyusunnya harus memperhatika Minggu efektif dan Hari Efektif.

Meskipun dalam penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka cukup mudah, rekan rekan guru harus memperhatikan beberapa hal baru yang ada di dalam Kurikulum Merdeka. Hal baru di dalam Kurikulum Merdeka adalah Preyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek ini merupakan pembelajaran yang wajib di sertakan dalam penyusunan jadwal baik dilakukan per akhir pelajaran, per minggu atau per periode.

Untuk penyusunan terdapat pilihan pembagian waktu untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu:

Per Jam
Pendidik mengalokasika 1-2 jam pelajaran di akhir hari dalam pembelajaran. Dalam pilihan pertama ini guru tidak harus melibatkan guru mata pelajaran lain dalam melakukan proyeknya. Khusus untuk mengerjakan projek bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

Per Hari
Pendidik mengalokasikan waktu dan menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek. Jadi dalam satu hari seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek. Dalam kegiatan ini guru kelas harus berkoordinasi dengan guru mata pelajaran untuk menentukan jenis projek yang sesuai dan relefan dengan materi ajar.

Per Periode
Pendidik mengalokasikan dan mengumpulkan serta memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalkan dalam setengah semester digunakan 1 minggu untuk pelaksanaan pembelajaran proyek di mana semua dan beberapa kelas bisa berkolaborasi.

Silahkan unduh contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka:

– Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 1 (Unduh)
– Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 4 (Unduh)

Semoga Bermanfaat.

Share on telegram
Bagikan
Share on whatsapp
Bagikan

Baca juga :